Bangga Indonesiaku

Memiliki Kepulauan Terbesar
          Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh para pahlawan leluhur bangsa kita dengan tenaga, harta, air mata, darah, dan nyawa mereka itu, memang sangat berharga. Negara kita adalah satu-satunya Negara Kepulauan Terbesar di dunia, karena memiliki 7.504 pulau besar-kecil, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama, dan 6.000 pulau yang belum berpenghuni. Kita telah keilangan Pulau Sipadan dan Ligitan, serta Timor Timur.

Memiliki Tiga Pulau Terbesar
         
Dari 17.504 pulau itu, Indonesia memiliki lima pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua Barat. Tiga diantaranya, yaitu Pulau Kalimantan (terbesar ketiga di dunia), luas ±539.460 km²), Sumatra (±473.606 km²) dan Pulau Papua (±421.981 km²), adalah tiga pulau terbesar dari enam pulau terbesar di dunia.

Memiliki Hutan Bakau Terbesar
         
Sebagai negara maritim terbesar yang memiliki pantai terpanjang di dunia, lautan Indonesia juga memiliki kekayaan dan keragaman ikan dan hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman yang bermanfaat menahan abrasi pengikisan pantai oleh air laut, lingkungannya juga menjadi wilayah tumbuh kembang aneka ragam spesies ikan dan hewan pantai lainnya.

Memiliki Maritim Terbesar
        
sebGi negR kepulauan, Negara Indonesia adalah salah satu negara Maritim terbesar di dunia yang memiliki perairan seluas  ±93 ribu km² dengan pantai sepanjang ±81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

Memiliki Suku Bangsa Terbanyak
          Sebagai negara kesatuan ribuan pulau yang terbentang dari barat (Sabang) ke timur (Merauke), Negara Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Terdiri atas beragam suku bangsa atau etnis yang memiliki beragam bahasa dialek, serta keragaman budaya terbanyak di dunia. Sedikitnya bangsa Indonesia terdiri atas 740 suku (di Papua ada 270 suku) menggunakan 583 bahasa local atau dialek dari 67 bahasa induk, dengan keragaman kesenian dan kebudayaan yang terikat dalam falsafah Bhinneka Tunggal Ika.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)