Sifat-Sifat Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam

“Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” (Q.S Al-Ahzab [33] : 21)
          Encyclopedia Britannica menyebut kemuliaan akhlak Nabi Suci Muhammad Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam adalah sebagai orang mulia yang paling berhasil dari semua nabi dan tokoh agama dunia. Seorang pria yang berpengaruh, menginspirasi, dan menjiwai tidak hanya disebuah kerajaan, dinasti, hukum dan tentara, tetapi milyaran manusia di sepertiga wilayah bumi. Tinakannya sepenuhnya dikhususkan semata-mata untuk satu penyebab, yaitu “agar manusia mengakui kenabiannya dan mengenali Rabb Allah YME melalui diri mereka sendiri!”
          Nabi Muhammad Rasulullah shalallahu’aialihi wasallam tidak memiliki budak, pelayan, murid, juga tidak punya gelar bahkan buta huruf, namun para pengikutnya memanggil beliau Mahaguru. Nabi Muhamad shalallahu’alaihi wasallam bukan ahli obat-obatan, namun mereka memanggilnya penyembuh. Nabi Suci Muhammad Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam tidak memiliki tentara, namun para raja takut dan memanggilnya baginda. Nabi shalallahu’alaihi wasallam tidak menyebarkan agama Islam dengan pertempuran militer, namun beliau berhasil menaklukkan dunia.
Nabi Muhammad Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam telah dikebumikan, namun hari ini beliau masih hidup diantara kita. Umat Islam merasa bangga dan terhormat untuk meneladani akhlak beliau sebagai seorang pemimpin besar yang mengasihi kita.

Berikut adalah beberapa akhlak, moralitas dan nilai-nilai luhur Nabi Muhammad Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam sebagai manusia, suami, ayah, pemimpin, panglima perang, Nabi dan Rasulullah, kakek dan hamba yang diteladani dalam hidup kita.
1.       Nabi Muhammad adalah seorang mulia yang tidak pernah bertengkar.
2.       Nabi Muhammad adalah seorang mulia yang sangat lembut
3.       Nabi Muhammad adalah seorang mulia yang tidak pernah kufur nikmat sekecil apapun.
4.       Nabi Muhammad adalah seorang mulia yang sangat menyukai anak-anak.
5.       Nabi Muhammad adalah seorang mulia yang tidak pernah berbicata yang tidak perlu.
6.       Nabi Muhammad adalah seorang mulia yang suka mengunjungi orang sakit dan orang tua.
7.       Nabi Muhammad adalah seorang mulia yang senang kepada orang-orang yang dijumpainya dan mengucapkan salam terlebih dahulu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)