Binatang Paling Berwarna


1.       Bunglon Panther
Dari sekian jenis bunglon yang dikaruniai kemampuan mengubah warna kulit untuk menyembunyikan dirinya dari pemangsa, Buglon Panther adalah jagoannya. Ia dapat memunculkan warna merah, putih, hijau, dan biru sekaligus, sebagai raksi atas perubahan suhu, cahaya, dan suasana hatinya.



2.       Salmon Sockeye
Kulit ikan ini benar-benar mampu berubah warnanya sesuai lingkungan tempat ia berada. Salmon Sockeye biasanya berwarna biru dan perak selama ± 3 tahun hidup di air tawar, kemudian bermigrasi ke Samudera Pasifik atau Atlantik, lalu kembali ke tempat itu lagi sebelum bereproduksi ± 5 tahun. Untuk menuju proses tersebut, beberapa jenis salmon menembangkan taring. Warna mereka akan menjadi gelap, merah dan hijau. Jarak yang ditempuh salmon sangat menakjubkan, mereka dapat mengarungi arus sungai sejauh ± 1.400km dan mendaki setinggi ± 2.100 km dari lautan ke tempat dimana mereka dilahirkan. Para ahli belum menemukan alasan mengapa dan bagaimana salmon menyimpan memori tentang tempat asalnya, masih misteri.



3.        Temminicks Tragopan
Ssepintas mirip puyuh, bedanya ia memiliki jengger berwarna oranye-coklat dan memakai “dasi merah-biru” I dadanya seperti corak hiu paus. Wajar, apabila penampilan Temminick’s Tragopan yang sangat menyolok itu, dianggap sebagai salah satu burung paling cantik di dunia, setelah cendrawasih, merak, dan kasuari.



4.       Kupu-Kupu Monarch : banyak orang menyukai kupu-kupu karena lucu dan berwarna, apalagi kepada kupu-kupu Monarch yang cantik. Tapi warna indah itu sebetulnya lampu peringatan bagi para predator untuk tidak memangsa mereka karena beracun.



5.       Weedy & Leafy Sea Dragon : makhluk bawah air laut dangkal yang bentuknya unik, indah dan warna-warni ini, disebut weedy sea dragon dan leafy sea dragon. Meskipun namanya menyeramkan, namun dua jenis naga laut ini, weedy sea dragon (berbentuk rumput laut) dan leafy sea dragon (berbentuk daun), panjang maksimalnya hanya 45 cm dan 35 cm. naga betina menghasilkan 250 telur berwarna pink cerah hingga mudah ditemukan si naga jantan. Mereka dapat ditemukan di alur terumbu karang Raja Ampat Paupua Barat hingga Australia.



6.       Ikan Badut : ikan yang kulitnya cantik dengan garis-garis oranye, putih bergaris hitam, dan berlendir, hidup di Pulau Cilik, Karimunjawa. Lendir ikan lucu yang panjangnya 10-18 cm itu antiracun, sehingga ia hidup saling menguntungkan dengan anemone laut yang segatannya beracun.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)