Fakta Dunia

1.       Forum Kemanusiaan Global (GHF) di Jenewa Swiss, melaporkan bahwa pemanasan suhu global telah membunuh 315.000 orang di dunia per tahun, tahun 2030 diprediksi akan membunuh 500 ribu orang per tahun. Pemanasan suhu global juga menimbulkan kelaparan, penyakit, dan korban bencana bagi 325 juta orang di dunia per tahun. Jumlah itu akan menigkat dua kali lebih dalam 20 tahun ke depan atau 10% dari total penduduk dunia. Di segi ekonomi, kerugiannya senilai US $125 miliar per tahun, itu etara dengan bantuan yang diberikan negara kaya kepada negara miskin. Nilai kerugian itu akan meningkat hingga US $340 miliar pada 2030.
2.       Pohon Trembesi (Albiza saman) juga disebut pohon Hujan, karena kemampuan menyerap air tanah yang kuat, di beberapa daerah di Indonesia disebut sebagai Meh (Jawa) atau Ki Hujan (Sunda). Menurut penelitian Dr. Ir. Endes N. Dahan dari Fakultas Kehutanan IPB, terbukti bahwa pohon trembesi besar dapat menyerap 28.442kg (± 28,4 ton) karbondiokida (CO2) per tahun.

3.       Kerusakan lingkungan hidup kita memang disebabkan oleh tangan-tangan manusia. Limbah ruah tangga saja dapat merusak struktur dan kesehatan tanah. Tahukah kamu, bahwa kertas dan kardus saja membutuhkan waktu 2-5 bulan, kulit jeruk (6 bulan), dan filter rokok (10-12 tahun) sampai terurai ke dalam tanah?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)