Tidak Ada Lagi Kurang Tidur Malam

               Banyaknya tugas yang harus dikerjakan ditambah kasyikan browsing dan chatting-an bersama teman di grup membuat kita menjadi bergadang. Akibatnya, jadi kurang tidur dan keesokan harinya bangun dengan badan menjadi tidak segar. Seharusnya kita tidur selama 8,5 jam sehari. Jika kurang, kita akan menjadi sangat susah untuk berkonsentrasi karena lelah dan mengantuk. Selain itu, ada beberapa penyakit tidur yang dapat menyerang kita, seperti :

·         Insomnia
Atau penyakit susah tidur. Penyebab utama insomnia adalah beban pikiran, tapi beberapa hal lain juga bisa bikin insomnia seperti hidung tersumbat, karena flu atau saat sedang sakit kepala. Masalah emosional seperti masalah keluarga atau pacar juga dapat menjadi penyebab.

·         Obstructive Sleep Apnea (OSA)
Orang yang punya penyakit OSA bis berhenti bernapas saat sedang tidur karena saluran pernapasannya terhalang. Salah satu penyebabnya adalah tonsil atau adenoid yang membesar. Kelebihan berat badan juga bisa menjadi pengaruh OSA. Gejalanya yaitu mendengkur dan dan berkeringat banyak saat tidur.

·         Narcolepsy
Penderita narcolepsy serig sekali mengantuk di siang hari dan terserang “sleep attacks”, yang bisa bikin mereka tiba-tiba tidur dan hilang kesadaran begitu saja, tidak mempunyai kontrol dengan badan mereka sendiri dan sering melihat gambar-gambar vivid seperti dalam mimpi saat dalam kondisi ini.

·         Nightmares

Mimpi buruk sesekali sebenarnya normal-normal saja. Yang tidak bagus adalah jika mimpi buruknya terus-terusan karena bisa mengganggu pola tidur dan membuat kita sering terbangun. Penyebab utama mimpi buruk asalnya adalah dari psikologis seperti stress atau anxiety. Hal lainnya yang membuat kita sering mengalami ini adalah tidak mempunyai cukup banyak waktu untuk tidur (7-8 jam sehari).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)