Salman Al-Farisi dan Perang Khandaq

Pada suatu hari, Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam mendengar bahwa orang-orang kafir quraisy akan menyerang Madinah dengan kekuatan besar, atas kekalahan di Perang Badar, (Q.S Al-Ahzab [33]: 9-10).
Rasulullah dan para sahabat segera bermusyawarah. Saat itulah Salma, muallaf asal Persia mengungkapka idenya berdasarkan pengalaman menguasai banyak taktik perang di negerinya.
Salman yang dijuluki al-Farisi itu mengusulkan untuk membuat khandaq, parit di sekeliling kota Madinah. Rasulullah pun menyetujui usulan Salman al-Farisi. “Kalau rencana Baginda bukan wahyu dari Allah, saya mengusulkan kita membuat khandaq sebagai pertahanan..”
Rasulullah dan kaum muslim pu bergotong-royong membuat parit. Mereka berjihad, bekerja keras tanpa lelah, penuh dengan ketekunan dan kesabaran. Berharap Allah melindungi Madinah kota Rasulullah SAW.
Tentara Quraisy sangat sangat terejut ketika tiba disana. Mereka tidak dapat masuk kota yang sudah dipisahkan oleh sabuk parit yang lebar dan dalam tersebut, sehigga hanya dapat berkemah dipinggir parit luar kota Madinah.

Kemudian Allah mengirimkan pasukan-Nya berupa angina topan yang menerbangkan tenda-tenda kaum Quraisy. Akhirnya kaum kafir Quraisy menelan pasir, kekalahan dan kembali ke Makkah. Begitulah cerita kepahlawanan Salman al-Farisi pada Perang Khandaq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)