Jeruk

          Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah berdaging yang rasanya masa segar, meskipun banyak diantaranya yang memiliki rasa manis. Rasa masam yang berasal dari kandungan asam sitrat itu merupakan kandungan khas semua anggotanya.

Manfaat : Jeruk dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentang seperti busur dari Jepang ke Selatan hingga membelok ke barat India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis, dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara. Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian dan industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakn sebagai rempah-rempah.


Kandungan : buah jeruk kaya vitamin dan mineral. Setiap 100g jeruk mengandung 51 kalori, 0.9g protein, 0,2g lemak, 11,4g karbohidrat, 0,5g mineral, 33mg kalsium, 0,4g besi dan 49mg asam askorbat.
Selain kaya gizi, juga mengandung zat kimia bioflanin, minyak atsiri limonen, asam sitrat, limonen asetat dan fellandren, yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk, menurunkan emam, meningkatka gairah, dan membuat suara merdu.

Jenis Jeruk
1.       Jeruk Manis : jeruk ini paling banyak jenisnya. Mulai dari jeruk medan, jeruk pontianak, jeruk keprok, dan jeruk peras. Air jeruk ini biasa dimanfaatkan untuk minuman dan pudding selain dimakan segar.


1.       Jeruk Lemon : berwarna kuning muda, berkulit licin, mengandung banyak air, rasanya asam dan beraroma khas. Buah jeruk ini dan kulitnya bisa dibuat menjadi selai jeruk (selai marmalade). Jeruk lemon dipotong tipis melintang, biasa untuk hiasan aneka minuman, punch dan salad.


1.       Jeruk Nipis : jeruk nipis berwarna hijau dan agak menguning setelah matang. Bentuknya bulat dan licin karena mengandung banyak air. Airnya kaya akan asam sitrat yang dapat mengurai serat daging. Biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis dari ikan dan daging.



1.       Orange : orange enak dimakan setelah matag, seperti Navel, Valencia dan Florida. Pilih yang bentuknya bulat penuh, kulitnya jingga terang, dan berat. Air jeruk ini biasa untuk jus, es krim, campuran kue dan lain-lain.


1.       Jeruk Bali : jeruk bali berukuran paling besar disbanding jenis jeruk lainnya. Kulitnya hijau dan tebal, dagingnya kesat, warnanya putih agak merah muda, dan merah. Setelah kulit juringya dikupas, daging buah jeruk bali biasa sebagai campuran salad, asinan, rujak, dan es serut.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)