Tips Menabung Yang Baik

                         1.       Sisihkan Pendapatan Anda
                   Setelah Anda mendapat gaji. Mungkin karena gajinya cukup banyak                    maka mungkin saja Anda akan membelanjakannya sebagian untuk keperluan                      pribadi. Namun, tanpa disadari kita telah menghabiskan kurang lebih 25% gaji kita            dalam satu hari saja. Nah, untuk mengantisipasi kejadian tersebut, kita harus                    menyisihkan pendapatan kita untuk ditabung. Bukanlah cara yang benar jika kita                menabung sisa gaji kita di akhir bulan. Cara yang paling baik adalah setelah                        mendapatkan gaji, segeralah simpan seperempat gaji kita di bank. Lebih baik                    daripada kita habiskan sendiri bukan? Ingat juga dengan keluarga kita.

                         2.       Hemat
                   Hidup hematlah, jangan boros dalam menggunakan barang atau jasa.                Supaya kita tidak ke dokter, jagalah kesehatan dan kebersihan. Matikan lampu dan            alat listrik lainnya bila tidak digunakan, hematlah dalam penggunaan air, cucilah                baju ketika jumlah cucian telah cukup banyak, usahakan untuk mengurangi                        penggunaan kendaraan bermotor, belanja di pasar tradisional terdekat, makanlah            masakan ibu (bukan makan di warteg), kurangi bermain di Facebook, Twitter, BB,              dll, dan masih banyak lagi. Nah selain menghemat biaya tagihan, Anda juga akan                lebih sehat dan membantu menyelamatkan lingkungan.

                          3.       Jangan Menggunakan Kartu Kredit

         Jangan sekali-kali menggunakan kartu kredit apalagi ketika berbelanja di mall. Karena dengan menggunakan kartu kredit, kita tidak akan merasa bahwa jumlah uang kita sedikit dan kita akan merasa bebas belanja tanpa takut kehabisan uang. Memang nyaman dan mudah, tetapi ingatlah dengan tagihan hutang Anda di akhir bulan. Menggunakan kartu kredit itu bagaikan ‘ngutang’ dan sangat ‘mematikan’ finansial Anda. Jadi gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijak.

4.       Sesuai Kebutuhan

          Sesuai dengan kebutuhan pokok kita. Kita membandingkan antara feature phone (handphone standar) dan smartphone. Pastilah lebih baik dan lebih banyak fitur yang ada di dalam smartphone. Namun, apakah Anda adalah seorang pebisnis yang menggunakan semua fitur di dalam smartphone tersebut (termasuk pemantau harga saham)? Berpikirlah lebih bijak. Jika kita menggunakan aplikasi saham, pemantau cuaca, berita online, jejaring sosial, dll. Cobalah untuk membeli handphone biasa yang terdapat fitur 3G dan internetnya (harganya umumnya dibawah satu juta rupiah). Dijamin gak ada bedanya deh sama smartphone. Hanya saja desain smartphone itu lebih elegan dan mewah.

 

               5.       Menabung Bukan Untuk Menjadi Kaya

         Untuk apa kita menabung jika kita tidak pernah menggunakan uang kita atau hanya sebagai alat untuk mengumpulkan kekayaan? Ingatlah hari tua kita. Kita pastilah akan menggunakan uang tersebut untuk biaya berobat kita dan memastikan kita akan tetap menikmati hidup tua yang indah dan tenang nanti. Ketahuilah bahwa orang kaya itu belum tentu sejahtera. Lihatlah anak orang kaya yang dijemput sopirnya dengan mobil mewah tetapi merasa iri ketika melihat seorang anak yang miskin tetapi diantar jemput oleh ibu kandungnya dan juga bisa makan bersama keluarganya. Orangtua si kaya pastilah sangat sibuk untuk menambah kekayaannya sehingga tidak memiliki waktu untuk anaknya. Maka dari itu, kebersamaan dengan keluarga jauh lebih berharga dibandingkan kekayaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)