Jenis Gunung Berapi

Banyak jenis gunung berapi yang ada di dunia. Berikut jenis gunung berapi berdasarkan bentuknya.

*      STRATOVOLCANO, tersusun dari batuan hasil letusan dengan tipe letusan yang berubah-ubah dan membentuk susunan lapisan beberapa jenis batuan, sehingga membentuk suatu kerucut besar yang kadang-kadang betuknya tidak beraturan, karena letsan sudah ratusan kali. Gunung Merapi merupakan jenis ini.
*      PERISAI, tersusun dari batuan lava yang saat diendapkan masih cair, sehingga tidak membentuk suatu kerucut yang tinggi, melainkan berlereng landau, dan sususanannya terdiri dari batuan yang bersifat basaltic. Contoh bentuk gunung berapi ini terdapat di Kepulauan Hawaii.
*      CINDER CONE, gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan vulkaniknya menyebar di sekeliling gunung. Sebagian besar gunug jenis ini membentuk mangkuk di puncaknya. Jarang yang tingginya diatas 500 meter dari permukaan tanah disekitarnya.
*      KALDERA, gunung berapi jenis ini terbentuk dari ledakan sangat kuat yang melempar ujung atas gunung sehingga membentuk cekungan. Gunung Bromo merupakan jenis ini.

Klasifikasi di Indonesia :
Kalangan vulkanologi Indonesia mengeopokkan gunung berapi ke dalam tiga tipe berdasarkan catatan sejarah/letusan erupsinya.

*      Gunung api Tipe A : tercatat pernah mengalami erupsi magmatic sekurang-kurangnya satu kali sesudah tahun 1600.
*      Gunung api Tipe B : sesudah tahun 1600 belum tercatat lagi mengadakan erupsi magnetic namun masih memperlihatkan gejala kegiatan vulkanik seperti kegiatan solfatara (gas belerang yang sudah membeku).
*      Gunung api Tipe C : sejarah erupsinya tida diketahui dalam catatan manusia, namun masih terdapat tanda-tanda kegiatan masa lampau berupa lapangan solfatara/fumarole (lubang uap gas) tingkat lemah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)