Sayuran Obat Jerawat

Kalau diantara anda, teman atau saudara ada yang berjerawat di pipi, dahi, dagu, atau di hidung, jangan di pijit-pijit. Banyak factor yang dapat memicu munculnya jerawat, yaitu factor keturunan, makanan, stress, kosmetik/shapo yang tidak cocok, atau debu. Karena belum ada obat jerawat yang dapat menyembuhkan secara tuntas, empat buah sayuran ini dapat digunakan untuk mengatasinya.
·         Tomat (Lycopersium esculentum Mill)
 Mengandung antara lain vitamin C, A B1, serta zat-zat seperti protein, kalsium, besi, dan belerang, ini dapat digunakan mengusir jerawat. Caranya, pilih tomat yang masak, potong-potong sama rata, kemudian oleskan ke wajah berjerawat yang sudah dibersihkan. Jika tekun mengoleskan buah tomat menjelag tidur dan setelah mandi, insyaallah kulit wajah akan kembali mulus dan bebas jerawat.
·         Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.)
Buah yang banyak mengandung air ini mengandung kalsium oksalat, flavonoid, pectin, tannin, asam galat, dan asam ferulat. Untuk mengusir jerawat, ambil lima buah belimbing wuluh, cuci bersih, tumbuk sampai halus, remas-remas dengan sedikit garam, lalu oleskan ke wajah yang berjerawat. Lakukan tiga kali sehari.
·         Mentimun (Cucumis sarivus)
Mentimun juga dapat untuk melawan jerawat. Selain banyak airnya, juga mengandung vitamin C, A, dan B1 serta beberapa zat seperti saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi dan belerang. Caranya, pili mentimun yang masuh muda. Cuci bersih, potong-potong sama rata, kemudian dioleskan perlahan-lahan ke wajah berjerawat. Basakan minimal iga kali sehari.
·         Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia Swingle)
Yang berwarna hijau kekuningan dan rasanya sam, itu mengandung unsur senyawa kimia limonene, linalin asetat, geranil asetat, felladren, sitral, dan asam sitrat. Untuk mengatasi jerawat, pilih jeruk nipis yang sudah tua, potong-potong sama rata, lalu oleskan ke wajah yang berjerawat 1-3 kali sehari.
Agar buah dan sayur efektif mengusir jerawat, tidak kalah pentingnya merawat dan menjaga kebersihan wajah. Merawat kebersihan wajah sangat penting agar kulit terjaga dari infeksi. Antara lain, harus :

1.Membersihkan wajah dua kali seari dengan sabun pembersih wajah dan air hangat.
2. Olahraga pagi di lokasi yang bebas polusi dan mendapat sinar matahari.
3. Mengurangi makanan berlemak, gorengan dan minuman bersoda.
4. Perbanyak makan sayruan (bayam, bawang, daun, ercis, wortel) dan buah-buahan (pisang, tomat, jeruk, nanas, dsb).
5. Hindarkan memijit-mijit jerawat sembarangan agar tidak infeksi dan meninggalkan bekas noda.
6. Hindari kosmetik yag berbahan dasar minyak.
7. Minum air temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb) yang mengandung zat kurkumin dan minyak atsiri. Kurkumin bermanfaat sebagai acnevulgaris, antiflamasi (antiradang), dan antihepatoksik (anti keracunan empedu) sedangkan minyak atsiri mengandung phelandren, kamfer, bomeol, xanthorrhizol dan sineal.
Caranya, ambil satu jari rimpang temulawak, cuci bersih, potong-potong, rebus dengan empat gelas air bersih hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, disaring, lalu diminum (dapat ditambahkan madu), pagi satu gelas, malam satu gelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Patah Tulang

Apa bedanya Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal Merah?

Tracing and Mailing Service (TMS) dan Restoring Family Links (RFL)